Rabu, 06 Februari 2019

Ekstensi Baru Google Dihadirkan, Guna Perkuat Keamanan Kata Sandi Di Browser Chrome

Ilustrasi Password
Kata sandi atau password adalah bagian terpenting dari sebuah account selain ID / username, kali ini Google resmi meningkatkan keamanan usernya dengan meningkatkan pemeriksaan kata sandi di browser Chrome mereka.
Pemeriksaan kata sandi jadi ekstensi baru untuk browser Chrome dari Google yang bertujuan untuk menambah keamanan pengguna. Ekstensi ini secara otomatis akan memeriksa apakah kata sandi pengguna telah bocor dalam pelanggaran data.
Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (6/2) setelah ekstensi dipasang, kredensial pengguna akan diperiksa ulang terhadap basis data hampir empat miliar nama pengguna dan kata sandi. Pengguna akan mendapat peringatan jika ditemukan kesamaan kata sandi dengan pengguna lainnya.
Google mengatakan bahwa ekstensi ini mendukung untuk sebagian besar situs web Amerika Serikat. Setelah ekstensi ditambahkan ke browser Chrome, ikon Pemeriksaan kata sandi akan muncul di bilah browser. Ikon akan berubah menjadi merah dan memperingatkan pengguna ketika kredensial mereka berpotensi tidak aman karena jangkauan.
Ekstensi pemeriksaan kata sandi di browser Google Chrome.  UBERGIZMO
Ekstensi baru yang dihadirkan oleh Google ini mungkin bukanlah jaminan bahwa kata sandi pengguna akan aman sepenuhnya. Namun, setidaknya ada peringatan awal yang didapat pengguna ketika kata sandinya terindikasi mengalami pelanggaran data.
Google sendiri mengklaim bahwa ekstensi ini aman untuk data penggunanya, semua transmisi dienkripsi dan tidak dapat melihat data itu sendiri. Peringatan apa pun tentang data yang dikompromikan sepenuhnya akan dihasilkan secara lokal ke perangkat pengguna.
Jika pengguna tidak ingin menggunakan ekstensi semacam ini, yang terus-menerus menjalankan kata sandi melalui basis data, bisa menggunakan layanan seperti https://haveibeenpwned.com/ untuk fungsi serupa.

Sumber: Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar